Senin, 18 Juni 2012

PEMERINTAH BERTEMU DENGAN TOKOH PAPUA

VIVAnews - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto dan sejumlah pejabat lainnya menggelar pertemuan tertutup dengan tokoh masyarakat Papua di Hotel Swiss-Belhotel Jayapura, Senin 18 Juni 2012. Mereka akan membahas berbagai persoalan di Papua, termasuk masalah keamanan.
"Ini sudah tugas saya sebagai Menteri  Polhukam," kata Djoko Suyanto sebelum memulai pertemuan.

"Dan kehadiran saya ada hubungannya dengan serangkain kejadian di Jayapura,  sekaligus menjalin komunikasi yang tak akan pernah usai diantara kita." Selain Djoko Suyanto, turut juga Panglima TNI Agus Suhartono, Kapolri Timur Pradopo, dan Kepala BIN, Marciano Norman.

Pertemuan ini dihadiri Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai, anggota legislatif,  tokoh masyarakat Papua, serta tokoh agama.

Menurut Djoko, pertemuan ini tidak hanya akan membahas serangkaian aksi penembakan di kota Kota Jayapura. Tapi juga untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat Papua. Dalam setahun ini, ada tiga delegasi Papua diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas. Sehingga, kata dia, pertemuan kali ini sebagai tindak lanjut pertemuan-pertemuan sebelumnya.

"Pertemuan-pertemuan yang sudah berlangsung itu sangat penting. Jadi jangan hanya kaitkan dengan kejadian di Papua yang terjadi belakangan ini saja," ucapnya.

Dia mengakui memang tidak mudah menyatukan pandangan semua pihak untuk membangun Papua. Meski berbagai pertemuan telah dilakukan untuk mencari solusi di wilayah ujung timur Indonesia itu.

Dalam pertemuan malam ini, katanya, intinya pemerintah ingin mendengar pandangan semua pihak bagaimana membangun Papua.

"Tanpa suasana aman kita tak akan bekerja maksimal," ujar Djoko. Hingga kini pertemuan yang berlangsung mulai sekitar pukul 20.30 Wit itu masih berlangsung tertutup.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code