Rabu, 29 Agustus 2012

12 LANGKAH STRATEGI BRANDING



didalam situasi dimana anda harus menjual  kepada berbagai tipe personal, untuk memulai yang baik berhubungan dengan orang lain dan memberikan artikulasi kepada masing-masing individu tersebut.
Tujuannya adalah untuk merangsang percakapan menarik yang memungkinkan kita untuk mengubah persepsi, harapan mendiagnosa dan membawa kejelasan untuk dialog.Itulah esensi dari mengembangkan strategi merek - dasar dari komunikasi Anda yang membangun hubungan otentik antara Anda dan audiens Anda.

Ini adalah strategy bagaimana anda menemukan strategi merk perusahaan yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan pemasaran, periklanan, public relations dan media sosial untuk secara konsisten dan akurat memperkuat karakter merk Anda.
Tanpa mendefinisikan strategi inti, semua saluran komunikasi seringkali dapat menjadi  pembekakan biaya dan kesalahan dalam anggaran. Berikut ini 12 prinsip strategi merek yang saya yakini sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan bisnis.

1. Tentukan merek Anda
Dimulai dengan keaslian Anda, tujuan inti, visi, misi, posisi, nilai-nilai dan karakter. Fokus pada apa yang Anda lakukan yang terbaik dan kemudian dikomunikasikan kekuatan  Anda melalui konsistensi.Ada banyak contoh perusahaan mengakuisisi merek lain tapi hanya untuk menjual mereka nanti karena mereka tidak sesuai dalam merek dan arsitekturnya.
Microsoft mengakuisisi Razorfish pada 2007 ketika membeli aQuantive, pemasaran perusahaan jasa digital, untuk sekitar US $ 6 miliar kemudian menjualnya beberapa tahun kemudian sebesar $ 530 juta.


2. Merek Anda adalah model bisnis Anda
Mendukung dan menantang model bisnis Anda untuk memaksimalkan potensi dalam merek Anda. Pikirkan merek pribadi seperti Oprah, Donald Trump, Martha Stewart dan Richard Branson.Orang-orang ini praktis membangun bisnis mereka tepat di atas merek pribadi mereka, segala sesuatu yang mereka tawarkan adalah perluasan dari janji merek mereka.

3. Konsistensi, konsistensi, konsistensi
Konsistensi dalam pesan Anda adalah kunci untuk membedakan. Pemilik posisi Anda pada setiap titik acuan untuk segala sesuatu yang Anda lakukan. Presiden Obama berfokus pada satu pesan hanya selama kampanyenya, Ganti. BMW selalu dikenal sebagai "mesin penggerak utama."

4. Mulai dari dalam keluar
Setiap orang di perusahaan Anda dapat memberitahu Anda apa yang mereka lihat, pikirkan dan rasakan tentang merek Anda. Itulah kisah Anda harus membawa kepada pelanggan juga, mendorong dampak sekedar dinding pemasaran.
Itulah contoh bagaimana memberdayakan karyawan Zappos untuk memperkuat persepsi konsumen atas mereknya.

5. Hubungkan pada tingkat emosional.
Brand adalah bukan nama, logo, website, kampanye iklan atau PR, mereka hanya alat bukan merek. Brand adalah ide yang diinginkan diwujudkan dalam produk,, orang layanan, tempat dan pengalaman. Starbucks menciptakan pengalaman ruang ketiga orang yang begitu diinginkan dan eksklusif ingin tinggal dan membayar untuk kopi mahal.

Menjual sesuatu yang orang yang memenuhi tidak hanya kebutuhan fisik mereka tetapi kebutuhan emosional mereka dan kebutuhan mereka untuk mengidentifikasi diri mereka dengan merek Anda.

6. Memberdayakan juara merek
Berikan Penghargaan kepada orang-orang yang mencintai merek Anda untuk membantu mendorong pesan, kegiatan fasilitas sehingga mereka dapat menjadi bagian dari proses.
Jika advokat merek Anda tidak memberitahu Anda,  apa yang harus lakukan atau tidak harus lakukan, saatnya untuk mengevaluasi janji merek Anda. Pergi dan berbicara dengan seseorang yang bekerja di toko ritel Apple atau pemilik iPhone dan Anda akan melihat betapa gairah mereka tentang Apple. Ini adalah gaya hidup dan budaya.

7. Tetap relevan dan fleksibel
Sebuah merek yang dikelola dengan baik selalu membuat penyesuaian. Branding adalah sebuah proses, bukan ras, bukan sebuah acara sehingga diharapkan untuk terus men-tweak pesan Anda dan menyegarkan citra Anda. Merek yang sukses tidak melekat pada cara-cara lama hanya karena mereka bekerja di masa lalu, melainkan, mereka mencoba untuk menemukan kembali diri mereka dengan menjadi fleksibel yang membebaskan mereka untuk menjadi lebih cerdas dan kreatif.

Berikut adalah contoh kasus: ketika ekonomi dunia krisis, perusahaan pembuat  mobil  Hyundai mengeluarkan program jaminan yang memungkinkan Anda mengembalikan mobil Anda jika Anda kehilangan pekerjaan dan tanpa ada kewajiban pelunasan dan keuangan lebih lanjut dan tidak ada kerusakan pada kredit Anda.

Dan hasilnya ?
Pada akhir Februari, hanya dua pembeli telah mengambil keuntungan dari program ini tetapi telah meningkatkan penjualan mereka sebesar 14% dari tahun ke tahun di Q1, hanya satu dari dua perusahaan meningkatkan pendapatan, sementara perusahaan seperti Honda mengalami penurunan lebih dari 30%.
Ikuti oleh kampanye pada bulan Juli, karena harga gas diperkirakan akan mendorong lebih tinggi selama bulan-bulan perjalanan puncak musim panas, Hyundai keluar dengan program lain yang menjamin setahun senilai gas pada $ 1,49 per galon pada kebanyakan model.

8. Menyelaraskan dengan strategi taktik
Sampaikan pesan merek pada platform media yang paling sesuai dengan tujuan kampanye tertentu.
Karena konsumen dibombardir oleh pesan komersial sehari-hari, mereka juga aktif menghalangi sebagian besar dari mereka.
Investasikan upaya branding Anda pada platform yang tepat yang berkomunikasi ke saluran yang tepat.
Televisi mungkin mahal tetapi memiliki jangkauan yang lebih luas, demografi yang lebih luas dan dapat menghasilkan dampak yang instan. Di sisi lain, media sosial mungkin tampak murah tapi butuh waktu, sumber daya dan tidak dapat memberikan hasil keinginan.

9. Mengukur efektivitas
Fokus pada ROI (return on investment) merupakan kunci untuk mengukur efektivitas strategi Anda.
Sering kali itu adalah seberapa baik organisasi Anda dapat terinspirasi untuk melaksanakan strategi. Hal ini juga dapat tercermin dalam penilaian merek atau bagaimana pelanggan Anda bereaksi terhadap produk dan penyesuaian harga.

Pada akhirnya harus beresonansi dengan penjualan dan profitabilitas berarti. Tapi jangan hanya fokus meningkatkan penjualan ketika Anda bisa mendapatkan dorongan keuntungan dengan mengurangi biaya overhead dan biaya juga.
Berikan diri Anda pilihan untuk menguji taktik pemasaran yang berbeda, pastikan mereka cocok keaslian merek Anda dan sejalan dengan strategi Anda.

10. Memupuk komunitas Anda
Komunitas adalah platform yang kuat dan efektif yang untuk melibatkan pelanggan dan menciptakan loyalitas terhadap merek. Dalam komunitas yang aktif, anggota merasa perlu untuk menghubungkan satu sama lain dalam konteks konsumsi merek. Kita semua ingin menjadi orang dalam sesuatu, itu menggairahkan kita untuk memberitahu orang-orang yang masyarakat kita adalah bagian dari pengetahuan dan apa yang kita miliki.
Dalam banyak itu ego kita yang membanggakan kita untuk menjadi bagian dari sebuah tim olahraga atau kelompok profesional.

Tebak  mobil apa yang dibeli oleh  anggota klub Porsche untuk kendaraan mereka berikutnya?
Masyarakat merek memungkinkan perusahaan untuk berkolaborasi dengan pelanggan dalam semua tahap penciptaan nilai melalui crowdsourcing seperti desain produk, strategi harga, ketersediaan, dan bahkan bagaimana menjual.

11. Jauhkan musuh Anda lebih dekat
Bahkan jika Anda memiliki produk, paling inovatif sangat diinginkan, Anda dapat mengharapkan pesaing baru dengan proposisi nilai yang unggul untuk memasuki memasuki pangsa pasar.
Pasar selalu cukup besar untuk pemain baru untuk meningkatkan apa yang Anda memberikan yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah. Sebut saja hypercompetition atau inovasi ekonomi, persaingan bisa baik bagi Anda percaya atau tidak. Ini menantang produk anda untuk mengkitkan strategi dan memberikan nilai lebih
Lihat saja bagaimana Tiga Besar (produsen mobil General Motors, Ford, dan Chrysler) di hancur kan dalam dekade terakhir oleh kompetisi dari Jerman dan Jepang.
Tidak hanya pesaing mereka membuat produk yang lebih baik, mereka lebih efisien melakukannya dan memerintahkan loyalitas merek yang lebih tinggi.
Pada tahun 2008, Toyota menyalip GM, sementara Honda melewati Chrysler dalam penjualan di AS.

12. Praktek merek pemikiran strategi
IDEO CEO Tim Brown menyebut desain berpikir "suatu proses untuk membuat pilihan-pilihan baru."
Pada dasarnya itu berarti tidak hanya puas dengan pilihan yang tersedia saat ini, tetapi untuk berpikir di luar kotak tanpa dibatasi. Konsep ini sebenarnya berlaku untuk proses penciptaan strategi merek Anda bahwa saya disebut berpikir strategi merek.

Ini selalu lebih mudah untuk menjalankan taktik daripada datang dengan strategi karena menyiratkan kemungkinan kegagalan. Ini jauh lebih cepat untuk meniru apa yang bekerja untuk pesaing Anda daripada untuk datang dengan sesuatu yang asli dan kreatif.
Tapi kebenarannya adalah, itu bukan Anda dan melanggar prinsip pertama dari strategi merek. Berfikir strategi adalah tentang menciptakan pengalaman yang tepat yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mendorong strategi yang lebih baik. Leverage ekosistem yang mencakup karyawan Anda, mitra dan pelanggan untuk membantu Anda mengartikulasikan strategi merek Anda sehingga mereka sinkronisasi bersama-sama.

Ambil dan pergi: Memiliki strategi merek akan membawa kejelasan dan makna pada merek Anda sehingga Anda dapat fokus pada pembuatan, membuat, dan menjual hal-hal yang orang benar-benar peduli.
Jika Anda bisa melakukan itu, merek Anda akan menjadi unik dan mengesankan dalam perjalanan untuk menjadi merek terhormat.
Apakah anda setuju?
Jika tidak Beritahu saya, dan mari kita diskusikan :)

referensi : http://www.designdamage.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code