Minggu, 21 Desember 2014

TIP DAN TRIK MENYUSUN NKP - NASKAH KARYA PERORANGAN

Naskah Karya Perorangan, atau sering disebut dengan NKP, adalah salah satu syarat bagi anggota POLRI untuk masuk ke Sekolah Staf dan Pimpinan Polri di Lembang. SESPIM sering kali disebut sebagai gerbang kesuksesan untuk anggota Polri Perwira menengah, karena merupakan syarat mutlak dan sebagi gerbang kesuksesan tentunya bukan sebuah proses yang mudah. Polri kini merupakan sebuah lembaga yang cerdas, anggotanya dididik memiliki pemikiran yang kreatif dan membangun untuk negara, tentunya dari sisi Kepolisian. kembali ke LEPTOP! disini penulis ingin memberkan gambaran menyusun NKP, yang harus ada lakukan adalah :

  1. mulailah mencari tahu seperti apa menyusun NKP tersebut.
  2. tuliskan dan gambarkan tugas anda, 
  3. mulailah dengan yang anda tahu dan anda pahami
  4. mulailah mencari masalah, atau inovasi-inovasi pada tugas anda, karena itu yang akan anda angkat
  5. setelah tahu latar belakang dan dasarnya, perlahan buatlah alur pikir dan pola pikir, yang digambarkan dngan flowchart
  6. cari data, catat, susun, kondisi yang terjadi saat ini pada pekerjaan anda, atau divisi anda.
  7. coba kelompokan kepada analisa SWOT, apa itu swot  ? silahkan googling atau datang ke toko buku banyak disana
  8. setelah anda tahu kondisi saat ini yang real, anda tentunya memiliki mimpi atau inovasi atau temuan yang ingin anda terapkan dalam divisi anda, tuliskan disana. dengan nama Kondisi Yang Diharapkan.
  9. nah untuk menuju kondisi yang diharapkan tadi tentunya harus dengan strategi, tuliskan strategi anda, apa strategi anda, kapan dilaksanakannya, oleh siapa, dengan cara apa ? berapa lama ? dan bagaimana cara mencapainya ?
  10. setelah kondisi ideal yang diharapkan terwujud dalam tulisan anda, kini saatnya anda membuat, kesimpulan dari masalah anda.
  11. kemudian apa yang anda rekomendasikan setelah anda memaparkan semua masalah dan temuan anda. rekomendasi ini biasanya ke tingkat pimpinan tertinggi melalui direktur tertentu. 
  12. jreng-jreng.... maka jadilah naskah karya perorangan yang mengalir.
oya dalam pembuatan NKP pastikan data yang anda butuhkan semua sudah siap, biasanya apa saja sih,
biasanya kembali ke teori 4M, yakni manusianya, uangnya dari mana, materialnya, metodenya gimana.

masih bingung ? :) ga usah bingung...mulailah menulis dari sekarang he he he, jika masing bingun silahkan hubungi 087789061666 dengan saya Yono Maulana S.Kom, MM.
hanya dengan nomor terebut saya bisa dihubungi dan saat ini mohon maaf saya hanya bisa membantu yang bisa tatap muka, tidak melalui email atau jarak jauh. semua demi alasan pendalaman materi sehingga anggota benar-benar menguasai dan berdiskusi agar menguasai masalah yang dipaparkannya.
sukses untuk POLRI.

2 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code