Selasa, 24 Maret 2015

BELAJAR MEMAHAMI ARTI MAKLUMAT, DAN TAK PERLU PANIK

Pagi ini 25 maret 2015, di pinggir kolam ikan mas di sebuah bengkel resmi sembari nunggu service KR ku DAI-207 mengisi waktu dengan sesekali melihat, membaca dan memahami penomena kekisruhan yang di picu oleh kata 'MAKLUMAT' :)
Sembari senyum senyum dan sesekali mengerenyitkan dahi membaca satu persatu postingan dari sahabat tercinta yang ada di grup Daihatsu Ayla Indonesia kemudian munculah kata sabab musabab kenapa kekisruhan di medsos itu muncul oh ternyata karena postingan sebuah poster maklumat yang katanya DAIHATSU AYLA INDONESIA.
Sebelum saya panjang lebar ber OPINI, saya ingin menjelaskan dulu kata OPINI menurut pengetahuan saya, sederhananya adalah pandangan pribadi dari seorang penulis. dalam hal ini saya tidak mewakili siapapun namun mencoba beropini dengan pengetahuan keilmuan dan teori yang saya miliki dan mbah google kuasai he he he he.

apa sih MAKLUMAT ? itu pertanyaannya, 
supaya kita sama dulu persepsinya neh.. baik yang mosting maupun yang baca he he he bukan menggurui tapi ini meminta kesepakatan, setuju saya seneng kalo ngga ya kebangetan wakakak ga becandan.. mohn dikoreksi, da sayah mah apa atuh... loh ko... sudahlah..
MAKLUMAT menurut ensiklopedi bebas atau wikipedia adalah Maklumat atau informasi merupakan hasil daripada pemprosesan, pengumpulan dan penganalisaan data yang dapt menambah pengetahuan kepada penerima maklumat. Secara ringkas, maklumat merupakan konteks apabila data digunakan.
dan menurut kamus besar bahasa Indonesia MAKLUMAT adalah pemberitahuan; pengumuman:
mari kita sepakati bersama, sederhananya MAKLUMAT ADALAH PENGUMUMAN tolong tunjuk tangann yang setuju kalo ngga saya kick dari group he he he ga becanda.. dah kayak grup boyband ajah.. di kluarin segala...

apakah MAKLUMAT MEMILIKI KEKUATAN HUKUM ? nah ini penting nih...
kalo kita merujuk pada ranah hukum, cie cie cie gaya... dah kayak pengacara, kita ikut-ikutan lah seperti kisruh kpk-polri iya kan..biar keren dikit...
dari beberapa kejadian penomena hukum di Indonesia yang terkait dengan MAKLUMAT ternyata tidak memiliki kekuatan hukum mengikat!
contoh inget ga waktu Presiden kita Gusdur, beliau mengeluarkan Maklumat, ternyata itu pandangan dari beberapa pakar hukum termasuk Prof. Yusril Ihza Mahendra bahwa Mereka sependapat bahwa apa yang disebut Presiden sebagai maklumat itu tidak ubahnya sebagai sebuah pengumuman belaka. Sebagai sebuah pengumuman, kata Yusril, tidak ada konsiderans maupun diktum yang dikemukakan sebagaimana lazimnya sebuah keputusan yang membawa akibat huku, sudahlah cukup ya contoh itu karena saya baca beberapa pakar hukum sependapat MAKLUMAT hanya tidak lebih dari pengumuman! bukan persoalan dipatuhi atau tidak! he he he sabar dlu belum kelar neh...
udut dulu bro.. sambil ngeteh gratis,, yg dikasih beres Cibubur + Diskon 90% mantbas!!! ga !! loh kok bisa ? ya bisa lah.. orang cuma berharap he he he dan asal nulis... blog saya inih..

Nah sekarang dah mulai kebuka neh.. udah mengarah belum nih alur pikir nya... kalo belum kita kopdar dlu lah... sambil bawa batu akik dan mahluk halus xixixi
 pertanyaan berikutanya adalah ....
sekuat apa sih MAKLUMAT DAI yang diposting oleh Ketua Umum ?
okeh kita kembali kedalam histori organisasi DAI, sepengathuannya saya dai lahir dari pencinta kendaraan merk Ayla, kemudian dibentuklah kepengurusan dan ADART, yang kemudian ada perubahan saat Raker di Puncak pada 2014 kemarin.

ingat saya disini beropini dan coba menerjemahkan apa yang terjadi menurut pemikiran saya.
dari sisi Pemosting dalam hal ini Ketua DAI, pertinyiinyi.. ... #gayatukul
1. apa yang mendasari keluarnya maklumat tersebut ? 
jawaban saya : jika itu regulasi dalam hal ini AD ART dan tata tertib, apakah tentang DUALISME keanggotaan ada didalamnya ? atau dibunyikan ? jika tidak ada artinya ini adalah keinginan sendiri, berarti anggota boleh tetap memiliki 2 ID member. tapi jika MAKLUMAT ini adalah keinginan dan atau rencana .... maka harus melalui proses kesepakatan, atau musyawarah, atau rapat atau apalah,,apalah... gitu yang harus di hadiri minimal 50% + 1 dari pengurus atau anggota... mungkin idealnya begitu..
artinya lagi jika yang terjadi memang seperti yang diatas MAKLUMAT INI LEMAH!
2. ini adalah NIAT YANG BAIK tapi dilaksanakan dengan kurang bijak
kenapa begitu jika saya ber OPINI lagi... kemungkinan organisasi DAI ini ingin memiliki ciri khas seperti itu, yang itu ingin menerima member yang  tidak dualisme, apakah ini salah ??? jawabannya TIDAK! ini menurut OPINI saya lagi....
namun untuk menuju dan mengimplementasikan niat baik kita memang harus dengan cara yang bijak, tidak serta merta sehingga anggota tidak kaget dan kebayang kan kalo yang sudah kadung 2 ID ?? pasti yang terjadi adalah PAKEWUH kalo kata bahasa kampung sayamah, ga enak kesana kesini.. yang akhirnya dilepas dua"nya karena tidak ingin menyakiti salah satu pihak. yang terjadi niat silaturahmi yang tadinya baik menjadi kurang genah karena tindakan itu tadi...

nah sekarang mari kita melihat dan memahami dari sudut MEMBER DAN ATAU PEMBACA ATAU SIMPATISAN DAN APALAH-APALAH-APALAH GITU...
pesan saya :
1. jangan panik dulu jika kita melihat dan membaca sesuatu..cermati baca dan pahami dulu.... apa sih maksudnya...
2. kita dari awal sudah sadar masuk organisasi tanpa paksaan pihak manapun semoga ini bener ya...itu artinya sebagai member harus mentaati aturan yang berlaku...ingat saya ngomong aturan ya.. bukan maklumat... he he he...aturan yang sudah disepakati, sudah disahkan dan sudah di sosialisasikan....
3. jika itu baru merupakan wacana, rencana dan niat... kan belum terjadi...kita bisa ajukan koreksi dengan cara-cara arif dan bijaksana...
4. kita semua manusia penuh kekurangan.... jika pengurus pusat salah ya diingatkan... jika bengkok ya diluruskan... tidak serta merta mutung atau marah, atau menuduh ini dan itu... saya setuju ada postingan yang bilang jika kuku panjang ya kukunya yang dipotong bukan jarinya, jika ada masalah ya masalah nya yang diselesaikan...
5. siapapun kita jika berorganisasi mari kita bertindak sesuai dengan aturan yang telah disepakati dulu... kan kita sudah sepakat untuk mematuhi aturan... ini berlaku untuk pengurus maupun member loh... he he he sok tua ya.. kan ini OPINI jadi sah aja...
6. mari kita kembali keajaran kebaikan apapun suku dan agama, bahwa persaudaraan itu baik, bahwa perdamaian itu baik, bahwa kebersamaan itu baik, mari kita hindari pertikaian, perselisihan, dan apalagi keributan...untuk apa....??? inget niatnya kan pasti mirip sama saya, pengen banyak temen, ada manffaat dan bawa kebaikan. alhamdulilah kalo jadi Ibadah...

jadi mungkin kira-kira begitu...mari kita bersama sikapi dengan dewasa, coba kita tafakur atau introspeksi diri, bahwa ada kejadian seperti ini ah..da itumah biasa dinamisme mah perlu biar kita pinter he he he... yuk ah.. kita kopdar lagi... yuk ah kita bersenda gurau lagi... yuk ah.. kita berbibadah berbagi pada sesama lagi....

da sayamah apa atuh hanya member DAI biasa.....

[medio maret-ditulis sembari liatin ikan mas]





10 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code