Sabtu, 25 April 2015

WASPADAI BEMPER AYLA ANDA

biasa sembari nikmati hujan di pegunungan, saya akan coba share sedikit informasi dibilang penting ga penting, tapi paling tidak saya sudah berbagi, kata pak ustad sebarkanlah ilmu walau hanya seberat biji zaroh. kalo ngga salah begono...

CERITA MUNDUR SEDIKIT
perlu di infokan neh, sebelumnya sayah beli neng Ayla memang untuk kuli dengan Intensitas Perjalanan dengan Jarak 350 KM x 2 = 700 KM dalam satu minggu + mondar mandir di jakarta dan brebes yah kurang lebih habis lah.. 100 KM, alhasil Kilometer pasti prematur menjadi besar sebelum waktu ideal.

dalam kurun waktu 1 tahun 6 bulan sampe skrg ini Neng Ayla, yang menjelma menjadi Arjuna Ireng karena kesaktian Senjata Panah Cakra Dewa Kresna pun Alhamdulilah baik sehat wal afiat... he he he yang ini jangan terlalu serius dibacanya... tapi kenapa kok bawa bawa arjuna dan senjata dewa kresna ini penampakannya, ya.. karena saya suka! titik.

 dalam perjalanan ceritanya sayah pengen tampil beda, yaitu bagian depan , pikir di pikir dan kebetulan temen ada yang nawarin bemper Ayla, tepatnya om Hendy, ya sudah saya beli, pasang dan jreng..jreng... terlihat sedap..menurut saya... ga tahu menurut orang lain, bodo amat yang penting saya suka! he he he he
di tambah Body kita depan...nice... keren bro... okeh saat nya kita fose.. kebtulan aku tugas di wilayah brebes selatan, jalan lumayan ancur, tanjakan dan tikungan lumayan curam dan tajam, kalo kering ya debu,kalo hujan yang licin nya lebih kayak anak belut. wiss pokoknya ga rekomen ayla dibawa ketempat seperti ini, kecuali di tangan expertise seperti sayah #DaSayamahJujurOrangnya  he he he

bisa dilihat bedanya kan.. bemper depan tak ganti dengan Agya. dengan perubahan bemper + ditambah Bodykit sudah pasti, jarak bemper ke tanah semakin pendek, untuk jalan di kota seperti jakarta tidaklah masalah, tapi.... untuk di gunung hadooohhh, harus sehati dan berhati-hati dalam membawa si arjuna.

PENGGUNAAN DENGAN PERJALANAN PANJANG

Sering kali sayah baca di EFBI komen temen-temen soal penggunaan ayla untuk sebuah perjalanan panjang, umumnya bertanya, om mau tanya dong besok saya mau ke surabaya kira-kira si neng mampu ngga ya, atau om besok saya mau ke tasik kira-kira si neng kuat ngga ya nanjak, om si neng kalo buat nanjak gimana ya ? kuat apa ngga? pertanyaan-pertanyaan yang begitu sayah sih sudah punya jawabannya. si Arjuna sudah melalui perjalanan Panjang dengan rute Jakarta - Brebes, kadang jalur pantura kadang jalur selatan. pernah juga rute, bandung, tasik, pangandaran, cilacap, tegal, brebes, atau yang naik gunung, dari pangandaran ke brebes melalui jalur salem, ah da semuanya aman atuh... ga ada masalah, kecuali masalah ngantuk dan nyasar karena ngga ngerti rute he he he...

terus pernah kena banjir ngga, pernah, saat di pantura, kebetulan di depan saya kntainner eh mogok, jadi we... mobil kerendem, air masuk blebek, belebek, didalam kabin sampe diatas mata kaki, dan hasilnya jreng-jreng.. si arjuna tetap kuat lari dengan genangan air didalam kabin sampe jakarta. Ah lu Lebay ceritanya ngga ini jujur #BenerSayamahKadang-Kadang Jujur he he he...

BEMPER RENDAH MASALAH DI JALAN YG RUSAK
bicara soal mesin, stabilitas, bahan bakar, saya sih ngga ada masalah. tapi setelah bemper diganti karena pengen gaya-gayaan duh pas masuk di daerah rusak teh.. sakitnya disini #sambilnunjukbemper. ya lu Oon udah tahu bemper rendah dibawa ke gunung... #daSayamahSukaCobaCoba he he he...
nyaris 6 bulan saya pake bemper rendah.. setiap kali gasruk ke tanah pasti ada suara grek, atau beletak.. hah! bemper lepas pikirku, dn ternyata bener... setiap kali nyangkut harus berhenti dan benerin bemper, gampang sih tinggal dorong, jegrek! rapi! dan lanjutkan perjalanan. tapi ternyata karena seringnya gasruk lama-kelamaan tuh popup atau kaitan bemper jadi aus,, ga bisa nyangkut lagi alhasil bemper renggang... dan setelag di cek dibawah, bemper yang diikat oleh Baut ternyata lepas alias patah, mungkin karena seringya nyangkut.. kayak apa sih penampakannya.. tuh liat...
ini kondisi dibawah bemper :
 Jika bemper sudah rusak / pecah dan terlepas dari baut nya otomatis dia tidak memiliki lagi penyangga. sehingga kena getaran sedikit aja, bemper pastti renggang dan kemudian lepas, beruntung di selamatkan oleh Klaim popup yang ada di bagian depan dibawah kap mesin, walaupun terbuat dari plastika tapi cukup untuk menahan beban bemper.

Melihat kondisi yang sudah sperti ini, akhirnya diputuskan lah arjuna untuk kembali menggunakan pakaian lama. yaitu bemper ayla versi original.
dan di dasari keberanian yang lumayan, cobalah untuk bongkar pasang sendiri, maklum da sayamah bukan bengkel atuh....
dengan modal obeng kembang dan Min, serta tang dan kunci inggris jreng-jreng berhasilah dibuka bemper agya yang menempel di badan arjunakuh.
hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja bemper ayla versi asli bisa dipasang dan alhamdulilah masih persisi. ini dia hasilnya :)

yeah!! selesai, sorenya setelah selesai langsung cuss ke brebes selatan, kembali masuk jalur yang tidak Aylawi, dan hasilya yess selamat!!! sudah tak ada lagi suara grek, jegrek!! sayah tersenyum dan mari kita ber OffRoad ria... he hehe
tidak rekomendasi untuk mobil jenis ayla, kecuali kepepet ga ada mobil lagi  kayak sayah. :)


KESIMPULAN DAN PESAN DARI TULISAN INI 
dari tadi panjang lebar nulis ngaler ngidul emang apa sih intinya ! he he he iya maaf.. intinya adalah :
  1. Ayla adalah jenis kendaraan Sitikar #:)  yang sangat layak, kuat, dan bisa digunakan untuk perjalanan jauh dan panjang, asal perawatannya baik. checkup rutin jangan lupa. 
  2. sebaiknya jangan gunakan Ayla di jalan yang rusak atau dengan kontur yang tidak rata, sayang bempernya he he he
  3. saat menggunakan jalur rusak pastikan cek semua baut dan klaim knob bemper takutnya ada yang rusak atau pecah atau lepas. 
  4. Ayla kuat kok buat nanjak ga usah khawatir, asal jangan diisi 10 orang aja h ehe he
  5. Ayla masih stabil dibawa di kecepatan 140km / Jam, kalo punya saya sih ga geter ga tahu kalo yang lain.
  6. perlu di PERHATIKAN AIR RADIATOR DAN AIR AKI saat perjalanan jauh. 
  7. bemper dan pengikat ayla itu bahan pelastik, jadi pastikan aman, saat gasruk atau di senggol pastikan anda berhenti dan cek!
  8. selalu cek tekanan ban, dan kondisi ban. 
  9. Jangan ngantuk, kalo ngantuk mendingan tidur, terserah mau tidur sendiri apa tidur ditemenin siapa. 
  10. jangan maksain, hindari penggunaan Minuman energi, lebih baik air putih dan minuman vitamin c
  11. harus rajin nyuci, iyalah orang jalan rusak belepetan tuh mobil. 
udahlah segitu dulu ya,... sembari nikmatin hujan, semoga bermanfaat khususnya untuk pengguna Ayla. #GuemahBeginiOrangnya :)

Medio April 2015




3 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code