Kamis, 30 Maret 2017

Anganku Anganmu - Raisa dan Isyana Sebuah Strategi Bisnis

foto Raisa & Isyana, Sumber SONY Music
diluar ekspektasi para penggemarnya dan masyarakat luas bahwa Raisa dan Isyana bisa berkolaborasi dalam satu lagu dan frame. tapi tentu saja bukan Sony Music namanya kalo tidak pandai melakukan marketing komunikasi yang cakap dan lihai. Sony Music Entertainment Indonesia & Juni Records rupanya mengerti betul kekuatan kedua dara tersebut, masing masing memiliki pengikut atau fans yang fanatik namun sopan, tidak saling serang satu sama lain, sehingga kalo kembali ke teori pemasaran bahwa untuk menjadi besar dan mengambil hati masyarakat tentu saja dua kekuatan ini harus disatukan. tentu saja bukan hanya rumus 1 + 1 = 2 namun SONY rupanya ingin mendapatkan penjumlahan yang lebih dari itu, imbas secara luasnya adalah mereka yang bukan fanatisme akan tertarik untuk mencari tahu dengan rasa penasaran yang tinggi. 

Sony telah melakukan identifikasi pasar yang tepat menurut penulis, terlebih keduanya masih dalam satu naungan label tentu saja ini bukan perkara sulit bagi SONY Music.

Baik Isyana Saraswati maupun Raisa keduanya memiliki paras yang cantik serta warna music yang sama dan secara signifikan tidak ada perbedaan yang begitu berarti dalam hal suara.

Perdebatan yang terjadi dan membandingkan antara Isyana dan Raisa seolah dipatahkan oleh syair yang ada di bagian ref  “Satukan tujuan kita tinggalkan segala perdebatan yang sia-sia, beralih kearah yang sama bukan masalah, semua punya ruang, karena ceritamu milikmu…” baris demi baris syair penulis akui sangat dalam dan bermakna.

Strategi dalam berusaha untuk menjadi pemimpin pasar dengan taktik marketing communication yang cantik SONY Music berhasil mengalihkan semua perhatian masyarakat muda pecinta music kearah keduanya, yang saat ini dibuat satu frame sehingga menjadi focus seolah menghilangkan persaingan sebelumnya.

Jika dilihat dari Google Trends Raisa, Isyana Sarasvati - Anganku Anganmu menempati puncak teratas, itu artinya semua masyarakat sedang tertuju pada Isyana dan Raisa dengan lagu Anganku Anganmu yang saat ini menjadi hits!

Strategi SONY Music Bisa Di Contoh
Strategi yang dilakukan oleh Sony Music tentunya bisa dijadikan contoh, Sony Music mampu mengindentifikasi dan menganalisa pasar yang kemudian mereka tuangkan kedalam sebuah gagasan yang luar biasa. Album ini bukan sebuah album kompilasi ini adalah album menyatukan kekuatan besar dari 2 orang penyanyi TOP Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Hostgator Coupon Code